top of page

Bahagia Bisa Membantu Sesama

Updated: Jan 25

Program BSPS merupakan program yang dicanangkan oleh Pemerintah untuk dapat membantu masyarakat agar terciptanya Rumah Layak Huni yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan Masyarakat. Melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa II Provinsi Jawa Barat, Program BSPS ini dapat terlaksana dengan baik dan membantu banyak masyarakat di Provinsi jawa Barat.


Tahun 2023, Direncanakan akan ada program BSPS nih !, bagi rekan rekan yang berminat silahkan melihat pada halaman Lowongan Kerja yang tersedia. semoga rekan rekan dapat membantu masyarakat seperti Peserta BSPS tahun sebelumnya. untuk mengetahui lebih lanjut apa sih kata mereka tentang program BSPS ini.


Muhamad Abdul Rahman

Tenaga Fasilitator Lapangan Teknik, Kabupaten Cianjur.

Nama saya Muhamad Abdul Rahman. Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan kementerian PUPR melalui Program BSPS atas kepercayaannya menjadikan saya sebagai Tenaga Fasilitator Lapangan Teknik (TFL) sejak Tahun 2020 sampai dengan 2022 di Kabupaten Cianjur. Sebagai TFL ini dapat pengetahuan ataupun ilmu dari program ini yakni bisa membaca situasi / karakteristik suatu daerah, misalnya di Desa A masyarakatnya aktif dan antusias dengan adanya program ini sedangkan di Desa B masyarakat nya cenderung menunggu yang aktif nya hanya segelintir orang itupun harus extra kerja dan tidak lupa juga kita bisa mengetahui adat istiadat dari suatu daerah tersebut bahasa apa yang digunakan cara penyampaiannya seperti apa untuk pembangunannya melihat dulu hari baik arah rumahnya harus ke arah a tidak boleh ke arah b dan banyak lain nya. Saya sebagai TFL jadi merasa bersyukur dengan melihat kondisi di lapangan yang di datengi banyak rumah yg sangat tidak layak huni dengan keadaan ekonomi pas-pasan tetapi mereka semangat dan antusias untuk membangun rumah yg layak huni yang dibantu sanak sodara maupun tetangga.


Salsabila Atalia

Tenaga Fasilitator Lapangan Teknik, Kabupaten Bekasi.

Sa

ya Salsabila Atalia Sadil, TFL Teknik BSPS Tahun 2022 di Kabupaten Bekasi. Ini pengalaman pertama saya bekerja dalam program pemerintah dan bekerja jauh dari rumah karena sebenarnya saya tinggal di Lampung, tapi demi BSPS saya merantau ke Provinsi Jawa Barat. Selama jadi TFL BSPS, Alhamdulillah seneng, banyak tambah pengalaman, banyak tambah temen baru, bisa kenal sm ibu bapak Tenaga Ahli & Asisten Tenaga Ahli yang baik-baik yang selalu kasih solusi yang bagus dan suka sharing ilmu. Terimakasih atas ilmu dan pengalaman berharganya! 😊



Tegar Bahtiar

Tenaga Fasilitator Lapangan Pemberdayaan, Kabupaten Sumedang.


Saya Tegar Bahtiar TFL Pemberdayaan BSPS Tahun 2022 di Kabupaten Sumedang, sangat bangga dalam mengerjakan program BSPS karena sangat bermanfaat bagi semua lapisan masyarakat. Sebagai TFL saya sangat senang membantu warga dalam Program BSPS, banyak ilmu dan pengalaman menarik yang saya dapatkan. Semoga program BSPS terus menjadi program unggulan Kementerian PUPR, dan semoga saya masih bisa memberikan manfaat dan dukungan bagi BSPS di Provinsi Jawa Barat 🙏


Linda Andriani

Tenaga Fasilitator Lapangan Teknik, Kota Sukabumi


Saya Linda Andriani pernah bertugas sebagai TFL pada Tahun 2020, Korkab pada Tahun 2021 dan terakhir Tahun 2022 sebagai TFL Teknik di Kota Sukabumi. Saya mengucapkan banyak Terima Kasih kepada Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa II, PPK Rumah Swadaya Provinsi Jawa Barat beserta seluruh tim Tenaga Ahli beserta Asisten Tenaga Ahli yang telah memberikan kesempatan untuk saya bisa bergabung menjadi Tenaga Fasilitator Lapangan BSPS. Banyak ilmu yang saya dapatkan, selain menggali ilmu tentang Kontruksi bangunan, saya juga bisa membantu dan mengenal masyarakat dengan berbagai macam karakter, mendorong dan merangsang mereka agar bisa memiliki Rumah yang Layak Huni, Rumah yang Sehat dan pastinya Rumah yang Aman dan Kokoh.


Iis Nurgiyono

Tenaga Fasilitator Lapangan Pemberdayaan, Kabupaten Indramayu.


Nama saya Iis Nurgiyono TFL Pemberdayaan dari Kabupaten Indramayu, sebelumnya saya berterimakasih karena sudah di beri amanah dan kepercayaan karena dari 2019 hingga 2022 kemarin saya pribadi masih di beri kepercayaan untuk mengawal program BSPS berbentuk Peningkatan Kualitas Rumah Swadaya. Awal karir saya di BSPS memang pada saat tahun 2019 menjadi fasilitator lapangan, sejak saat itu hingga kemarin saya mencoba mendalami pekerjaan sebagai fasilitator lapangan, kesan pesan nya menurut saya pribadi merasa bangga menjadi fasilitator lapangan dikarenakan membantu masyarakat atau calon penerima bantuan atau penerima bantuan untuk meningkatkan kualitas rumah huninya yang sebelumnya rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni. Saya bangga bisa membantu dan memfasilitasi masyarakat penerima bantuan untuk menjalankan program BSPS sesuai kaidah dan aturan hukum yang ada di BSPS. Tantangannya sebagai TFL Pemberdayaan harus sanggup menjalankan tahapan atau proses serta mekanisme yang ada di BSPS dalam waktu singkat dan memahamkannya kepada masyarakat penerima BSPS.


Dede Rahma

Tenaga Fasilitator Lapangan Pemberdayaan, Kabupaten Cianjur.


Saya Dede Rahma TFL Pemberdayaan BSPS Tahun 2022 di Kabupaten Cianjur. Alhamdulillah semenjak saya menjadi TFL BSPS dari Tahun 2000, begitu banyak pengalaman yg saya dapatkan dalam Program BSPS, apalagi di tahun 2022 pengalaman yg sangat luar biasa dari awal hingga akhir tahun. Momen yg perlu di catat dalam sejarah kehidupan saya pribadi, momen yg mungkin tak kan pernah bisa dilupakan dan akan selalu diceritakan, dari awal mendampingi penerima bantuan, membantu perencanaan, hingga membantu dalam proses pelaksanaan dengan berbagai macam kultur, adat istiadat yang tiap daerah berbeda. Namun Alhamdulillah semua terlaksana dengan baik, walaupun memang tidak di pungkiri selalu ada saja kendala dalam setiap perjalanan, dari waktu yg lumayan singkat, dari akses jalan yg kurang memadai, dan hal kecil lainnya. Semuanya berkat seluruh Tim TFL, korkab, Asisten Tenaga Ahli, dan Tenaga Ahli serta orang orang yang ikut andil dalam program ini sehingga bisa mengatasi semua permasalahan dengan solusi terbaik.


Hadi Subagja

Tenaga Fasilitator Lapangan Pemberdayaan, Kabupaten Bandung.


Saya Hadi Subagja berpengalaman sebagai TFL Pemberdayaan BSPS di Kabupaten Bandung sejak Tahun 2021 sampai dengan 2022. Alhamdullilah saya sangat bersyukur dapat bergabung menjadi Fasilitator dalam Program BSPS karena saya dapat sungguh-sungguh mengamalkan ilmu Antropologi Sosial yang saya peroleh semasa kuliah di tengah masyarakat. Selama saya bekerja pikiran saya menjadi lebih terbuka, wawasan saya bertambah terutama di bidang konstruksi rumah, dan pelajaran yang menarik terutama mengenai psikologi masyarakat. Saya belajar mengenal karakter yang beragam dari setiap individu di lapisan masyarakat dan bagaimana mendorong mereka agar dapat bekerjasama mensukseskan Program BSPS. Saya sangat berharap dapat kembali menjadi TFL BSPS Tahun 2023 dan terus memberikan manfaat bagi masyarakat melalui Program BSPS.


Octavia Kanjeng Putri

Koordinator Kabupaten Bekasi.


Nama saya Octavia Kanjeng Putri. Selama Tahun 2022 menjabat sebagai korkab Bekasi Program BSPS-PKE, saya merasakan manis dan pahitnya seorang fasilitator menangani 3 bulan pelaksanaan pembangunan rumah. Dari rumah yang semula tidak ataupun kurang layak huni menjadi rumah asri yang layak huni bagi setiap penerima bantuan. Selama menjabat pun, kami tidak sendirian, ditemani dengan Asisten Tenaga Ahli (ASTA) yang selalu sigap di segala kondisi. Saya pribadi dan teman-teman TFL berterima kasih, dengan adanya bantuan perumahan di Program BSPS-PKE bisa mengurangi angka rumah tidak layak huni di kabupaten Bekasi. Kami berharap, untuk kedepannya BSPS-PKE bisa selalu ada dan selalu beradaptasi dengan keadaan di lapangan.


Rizwan Nazarudin

Koordinator Kota Tasikmalaya.


Nama saya Rizwan Nazarudin, saya bergabung di BSPS sejak Tahun 2020 sebagai Korfas Kabupaten Ciamis lalu di Tahun 2021 & 2022 menjadi korkot di Kota Tasikmalaya. Selama saya bergabung di BSPS saya mendapat banyak pengalaman berharga tentang bagaimana menyatukan setiap pikiran dalam tim, bekerja sama dengan tim, dan bisa memahami karakteristik setiap masyarakat penerima bantuan. Namun terkadang yang paling dirasakan oleh fasilitator BSPS adalah kelelahan, baik itu fisik atau pikiran karena waktu pelaksanaan program yang semakin singkat serta dampingan yang semakin banyak. Tetapi bagaimanapun pekerjaan tetap wajib dituntaskan meski seberat apapun karena Program ini sangat penting dan bermanfaat untuk masyarakat supaya masyarakat dapat memiliki rumah yang layak huni tuk membangun keluarga dan kehidupan yang lebih baik.


Niawati

Koordinator Kabupaten Sukabumi.


Nama saya Niawati Koordinator Kabupaten Sukabumi. Pengalaman pertama bagi saya menjadi korkab di Kabupaten Sukabumi pada program BSPS 2022 tentunya, saya sangat berterimakasih untuk kesempatan luar biasa ini, tahun 2022 merupakan pengalaman sangat berharga bagi saya dimana saya bersama tim tentunya dgn segala bentuk suport dan bimbingan dari PUPR, salah satu harapan saya terwujud yaitu membaktikan diri turut dalam membangun wilayah Kabupaten Sukabumi dalam memiliki rumah layak huni, baik itu proses secara teknis dan non teknis guna mewujudkan tujuan yg sama, saya sangat bersyukur menyaksikan kebahagiaan para penerima bantuan yg begitu antusias pada semua proses di Program BSPS, antusias dan rasa syukur masyarakat khusunya penerima bantuan adalah obat terbaik dalam lelah perjalanan menuju lokasi yg tidak hanya jauh juga dgn track perjalanan yg luar biasa harus bersabar. Meski demikian adalah sebuah kebahagiaan tersendiri untuk saya saat seluruh pihak baik penerima bantuan pihak desa pihak dinas dan semua pihak terlibat mengucap syukur dan bernafas lega tangis haru saat rumah PB satu persatu selesai dibangun dan bisa dihuni sebagaimana mestinya. Meski program bsps secara kontrak dgn saya untuk thn 2022 sudah selesai namun silaturahim bersama PB hingga saat ini dan juga tim work TFL masih berjalan dan untuk itu saya merasa penuh syukur krna mendapatkan pengalaman kerja sekaligus keluarga baru bagi saya. Harapan saya semoga perjuangan semua pihak dipenuhi keberkahan dan kebaikan. secara khusus ucapan terimakasih saya kepada pihak PUPR, tim Tenaga Ahli dan Asisten Tenaga Ahli. Saya sangat bersyukur dgn segala suka duka nya selama saya diamanahkan menjadi korkab di Kabupaten Sukabumi Tahun 2022 memberikan banyak pelajaran luar biasa yang tidak hentinya saya bersyukur serta menjadi bahan evalusi pada diri sendiri untuk bisa lebih baik lagi dalam menunaikan kewajiban-kewajiban dan tanggung jawab. Terimakasih kementerian PUPR Program BSPS Tahun 2022 🙏🏻🙏🏻


Isaak Wahyudin

Koordinator Kabupaten Cianjur.


Nama saya Isaak Wahyudin pertama kali bergabung dalam Program BSPS dan langsung menjadi Korkab Cianjur. Alhamdulillah Program BSPS di Kabupaten Cianjur Tahun 2022 berjalan lancar, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa II Kementerian PUPR Provinsi Jawa Barat atas kerjasamanya sangat baik, tanggapan cepat, selain itu juga aktif memberikan masukan yang lebih baik bagi saya dan kepada para TFL yang bekerja semaksimal mungkin. Terimakasih 🙏



Dyah Indraswari Kusumastuti

Koordinator Kota Bandung.


Nama saya Dyah Indraswari Kusumastuti. Pengalaman saya ketika menjadi Korkab Bandung di Tahun 2021 dan Korkot Bandung di Tahun 2022, hal yang sangat terasa adalah seorang koordinator harus bisa mengerjakan banyak hal dalam waktu bersamaan, harus berkoordinasi dengan berbagai pihak, harus selalu responsif dalam berkomunikasi, harus teliti, dan harus memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik. Korkab/korkot diwajibkan memiliki latar belakang pendidikan teknik karna dianggap harus mampu memeriksa rencana teknis, RAB, dan mengerti fisik bangunan. Sedangkan diluar hal-hal teknis ada banyak hal non teknis yang juga perlu kemampuan "pemberdayaan" dari seorang korkab/korkot, seperti kemampuan pendekatan dan menjalin relasi yang baik dengan berbagai pihak dan kemampuan menghadapi masalah non teknis bangunan dengan pihak-pihak di lapangan.


Galih Hariyadi

Asisten Tenaga Ahli Konstruksi


Saya Galih Hariyadi, sejak Tahun 2016 hingga 2022 menjadi Asisten Tenaga Ahli (ASTA) atau Koordinator Wilayah (Korwil) di BP2P Jawa II dalam Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Provinsi Jawa Barat. Saya merasa bersyukur dan bangga bisa menjadi Asta/Korwil di BP2P Jawa II Selama 7 tahun, tentunya bisa mempunyai andil membantu MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rumah) Untuk mewujudkan mimpi mempunyai Rumah Layak Huni melalui Program BSPS. Selain itu, Saya senang bisa mengatahui Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Jawa Barat karena disini saya mendapatkan banyak sekali manfaat untuk mengembangkan diri saya dalam bidang Perumahan, selain bekerja sekaligus ibadah membantu Masyarakat Berpengahasilan Rendah.


Penasaran Berikut merupakan Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan oleh Rekan Rekan Koordinator Kota/Kabupaten dan juga Tenaga Fasilitator Lapangan 2022

Ditahun 2023 ini Apa aja sih posisi yang terbuka untuk BSPS ini


Asisten Tenaga Ahli Konstruksi

Asisten Tenaga Ahli Konstruksi dengan tugas sebagai Berikut :

  • Mendampingi Wilayah Kabupaten/Kota Yang ditugaskan Oleh PPK Rumah Swadaya & RUK, Untuk Memastikan Pemenuhan Struktur Bangunan di wilayah Dampingannya.

  • Memastikan Proses Verifikasi Berjalan Sesuai Aturan dan Memeriksa Kesesuaian Hasil Verifikasi Dengan Kriteria Penerima BSPS.

  • Melakukan Pengecekan Dokumen Proposal Terutama Dokumen Format II-17 Rencana Teknis dan II-18 RAB Masing-masing PB Sebelum SK Penetapan Penerima BSPS oleh PPK Rumah Swadaya & RUK Diterbitkan.

  • Memeriksa Syarat Pemindahbukuan dan Syarat Tarik Tunai HOK (Transaksi) yang Diajukan Oleh Korkab Dengan Mengisi Form Ceklist Kelayakan Transaksi Untuk Kemudian Diserahkan ke TA Konstruksi.

  • Memeriksa dan Menganalisa Progres Mingguan Wilayah Dampingan Kabupaten/Kota Melalui QS Mingguan Yang Disampaikan Oleh Korkab/Korkot Untuk Kemudian Diserahkan Kepada TA Konstruksi Maksimal H-1 Pengiriman Ke Direktorat.

  • Melakukan QAQC Terhadap RA yang disampaikan oleh Korkab/Korkot.

  • Membantu TA Konstruksi Melakukan Survey Toko Bangunan Dalam Rangka Penyusunan Perkiraan Harga Satuan PPK Rumah Swadaya & RUK.

  • Menyampaikan Daftar Nama Fasilitator Sebagai Rekomendasi Penggajian.

Koordinator Kabupaten/Kota

Koordinator Kabupaten/Kota dengan tugas sebagai Berikut :

  • Diseminasi media sosialisasi (poster, leaflet, booklet, dsb) yang dibuktikandengantandaterimaresmidarikepaladesa/lurah.

  • Berkoordinasi dengan Tim Verifikasi dan melaporkan pekerjaan secara berjenjang.

  • Mengajukan laporan kegiatan coaching secara tepat waktu kepada PPK/KM

  • Memeriksa proposal terkait dokumen administrasi dan teknis dan disesuiakn dengan kondisi di lapangan.

  • Mengidentifikasi ketersediaan dukungan lain untuk pemenuhan rumah layak huni dampingannya di tingkat kabupaten/kota atau lebih tinggi.

  • Berkoordinasi dengan bank dan memfasilitasi pembukaan rekening penerima bantuan.

  • Memfasilitasi, memantau dan mengawasi mekanisme penyaluran dan pemanfaatan bantuan untuk menjamin bahwa dokumen yang dibutuhkan tepat dan dapat dipertanggungjawabkan.

  • Memeriksa dokumen kelengkapan persyaratan pemanfaatan bantuan sesuai dan memeriksa data yang sudah diinput oleh TFL dalam aplikasi e-bsps dan SIRuS.

  • Memeriksa dan memfasilitasi penyerahan dokumen pelaporan TFL kepada PPK melalui KM.

  • Memantau pemanfaatan bantuan sesuai prosedur dan menjamin akuntabilitas.

  • Menginputdata kedalamaplikasiSIRuSdanmemeriksadata yang diinputTFL pada e-bsps serta memastikan dilaksanakan secara tepat waktu, lengkap, valid, akurat dan sesuaikondisilapangan.

  • Mengajukan laporan kemajuan bulanan secara tepat waktu, akurat, up to date dan valid.

  • Menjamin semua kegiatan pembangunan dilaksanakan secara tepat sesuai dengan panduan rumah layak huni dan memenuhi kualitas


Tenaga Fasilitator Lapangan

Tenaga Fasilitator Lapangan dengan tugas sebagai Berikut :

Pada program ini TFL akan dibagi kedalam 2,

  1. Tenaga Fasilitator Lapangan Teknik

  2. Tenaga Fasilitator Lapangan Pemberdayaan.

Pada umumnya Tugas - tugas yang akan di jalani oleh TFL antaralain sebagai berikut :

  • Melaksanakan kegitan sosialisasi yang berkelanjutan dan intensif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap rumah layak huni dan pemahaman konsep BSPS

  • Mendampingi/memfasilitasi kegiatan rembuk di tingkat kelompok

  • Memfasilitasi kegiatan verifikasi dan identifikasi calon penerima bantuan serta berkoordinasi dengan Tim Verifikasi

  • Memfasilitasi survey toko/penyedia bahan bangunan

  • Mengidentifikasi ketersediaan dukungan lain untuk pemenuhan rumah layak huni dampingannya di tingkat desa/ kelurahan

  • Memfasilitasi penyusunan proposal

  • Memfasilitasi penentuan toko/penyedia bahan bangunan

  • Memfasilitasi pembukaan rekening penerima bantuan

  • Memfasilitasi penerimaan bahan bangunan ke penerima bantuan

  • Mendampingi dan mengawasi pembangunan fisik

  • Memfasilitasi penyusunan laporan penggunaan dana

  • Memfasilitasi dalam administrasi pemanfaatan bantuan

  • Menginput laporan progres pada aplikasi e-bsps

  • Memberikan advise dan analisa terhadap pelaksanaan teknis pembangunan rumah

  • Membangun kapasitas kelompok penerima bantuan

  • Memberikan laporan progres lapangan setiap minggu dan bulanan secara tepat waktu

  • Menjamin data yang lengkap, valid, up to date, dan tepat waktu

  • Menjamin semua kegiatan /tahapan dilakukan sesuai prosedur

Seluruh Teknik Wajib menguasa kemampuan sebagai berikut:

  • Menguasai gambar Teknik dan menghitung RAB Rumah Sederhana

  • Mampu mengoperasikan aplikasi Autocad, ArchiCad, SketchUp dan Aplikasi lainya


Mari Bergabung BSPS T.A 2023 pada link dibawah ini. :









700 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page